Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Wednesday, March 23, 2016

Tips Cara Mencegah Penuaan Dini pada Wajah Secara Alami dengan Mudah

Tips Cara Mencegah Penuaan Dini pada Wajah Secara Alami dengan Mudah -

Beberapa tanda yang umumnya muncul ketika seseorang mengalami penuaan dini adalah timbulnya kelelahan pada kulit, kulit kering bersisik dan kasar disertai dengan keluarnya noda hitam atau flek. Pertanda seperti ini biasanya dapat diduga bahwa kulit mengalami masalah dengan kelenjar palit atau memang sedang mengalami penyakit tertentu. Sehingga diperlukan pemeriksaan secara medis terlebih dahulu untuk memastikan kebenarannya.

Tips Cara Mencegah Penuaan Dini pada Wajah Secara Alami dengan Mudah

Penyebab Penuaan Dini pada Anda

penuaan dini pada kulit

Faktor Internal  Penyebab Penuaan Dini:

1. Keturunan

Kulit kering dan bersisik dapat dialami seseorang sebagai bagian dari keturunannya. Dengan demikian faktor genetik dan hormonal tidak terpisahkan pada kategori tersebut. Untuk mengatasinya diperlukan terapi serta perawatan kulit dan wajah secara intensif. Beberapa vitamin dan asupan makanan yang mengandung vitamin C dan zat nutrisi lainnya dapat membantu mengurangi penuaan dini akibat faktor keturunan tersebut.

2. Kesehatan dan daya tahan tubuh

Seseorang dapat terlihat lebih tua dengan banyak keriput di wajahnya bisa jadi karena daya tahan tubuh yang sedang terganggu. Tak dapat dihindarkan bahwa hal ini merupakan sebuah dampak buruk dari kondisi kesehatan yang kurang baik. Pencegahan pada satu penyakit dan pengobatan secara tepat akan mengembalikan kondisi tubuh sekaligus kekencangan kulit. Relaksasi merupakan salah satu cara mudah untuk mengembalikan kondisi kulit setelah mengalami sakit.

3. Kondisi kejiwaan akibat stress

Stress juga dapat menjadi salah satu faktor dominan seseorang mengalami penuaan dini. Beban kerja maupun masalah yang menumpuk akan mempngaruhi perasaan dan terbawa suasana yang tidak menyenangkan. Hal ini akan berakibat negatif terhadap air muka dan penampilan terlihat lelah, kusam dan tidak semangat. Solusinya cukup anda berserah diri pada Tuhan. Yakinilah bahwa segala permasalahan pasti akan ada solusinya. Gunakan untuk beribadah dan terapi yoga supaya lebih tenang dan tampak lebih awet muda.

Selain adanya faktor internal, kondisi di lingkungan juga memberi banyak pengaruh bagi seseorang mengalami proses penuaan dini. Beberapa faktor penyebab penuaan dini tersebut antara lain adalah :

1. Radikal bebas

Radikal bebas adalah salah satu penyebab terjadinya penuaan dini. Radikal bebas merusak jaringan kolagen dan sel didalam tubuh sebagai akibat dari adanya polusi udara, asap knalpot, sinar matahari yang menyengat serta penggunaan bahan kimia didalam makanan maupun beberapa bahan sandang lainnya. Tak dapat dipungkiri bahwa kehidupan masyarakat modern kini tidak lepas dari pemakaian bahan kimia yang dicampur dalam produk apapun, sehingga kita sebagai individu harus cerdas menyeleksi yang terbaik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu zat yang bertugas untuk melawan radikal bebas adalah antioksidan yang dapat ditemui pada sayuran dan buah-buahan segar. Apel. strawberry, anggur dan makanan berserat lainnya sangat baik dikonsumsi untuk mencegah radikal bebas.

2. Sinar matahari

Gunakan tabir surya untuk mengatasi sinar matahari yang menyengat, karena efek buruk dari pancaran ultraviolet dapat membakar kulit serta menyebabkan kulit keriput. Bagaimanapun juga, perawatan kulit merupakan hal mutlak yang harus dilakukan untuk mempercantik penampilan.

3. Kelembaban udara

Kelembaban kulit harus diperhatikan dengan mengoleskan handbody maupun cream tabir surya yang mengandung zat SPF (Sun Protection Filter). Dikarenakan kulit yang kurang lembab juga menjadi faktor eksternal dalam mendukung terjadinya penuaan dini.

Tips Mencegah Tanda Penuaan Dini Secara Alami

1. Penuhi kebutuhan air putih – jangan heran dengan bertambahnya usia seseorang maka  kondisi kulit akan mudah atau semakin kering. Hal ini akan anda sadari ketika kulit wajah anda mengalami kondisi yang tidak dialami sebelumnya seperti adanya produksi minyak pada kulit wajah ( berminyak). Oleh karena itu selalu cukupi asupan air putih minimal 8 gelas setiap hari agar terhindar dari dehidrasi sekaligus membuang toksin yang pada tubuh.

2. Tidur yang cukup – kurangnya istirahat malam dapat menimbulkan lingkar hitam pada mata dan hal ini merupakan tanda tanda dari penuan dini. Istirahat yang cukup dapat menghindarkan anda dari tanda penuan sekaligus memberi kesempatan kulit untuk bergenerasi. So mulailah untuk menerapkan jam malam agar tidur anda teratur !!!

3. Krim malam -  gunakan krim malam sebelum tidur, hal ini dapat membantu kulit anda ternutris dari dalam  dan malam hari merupakan yang baik bagi kulit kulit untuk berevolusi.

4. Lembabkan kulit – saat selesai mandi mungkin kulit anda anda akan terasa kering dan cara untuk mencegahnya yaitu dengan mengoleskan pelembab atau menggunakan masker alami seperti madau, alpukat atau susu. Karena jika kulit anda kering maka secara otomatis pada kulit akan timbul keriput. Cara menggunakan pelembab atau krim malam sebaiknya mengikuti gerakan menarik keatas bukan kebawah karena hal ini dapat membuat kulit kendur.

5. Menjaga kersihkan kulit – lakukan secara rutin dna teratur mencuci muka dan pilihlah produk kecantikan yang lembut. Bersihkan kulit dari sisa make yang masih menempel pada pori  pori kulit sebelum tidur, sehingga kulit dapat bernafas dan meregenarasi dengan bebas.

6. Gunakan masker alami – menggunakan bahan alami untuk merawat kecantikan kulit memang terbilang lebih aman dan efetif  dan pastinya kulit akan semakin sehat. Gunakan bahan alami untuk mencegah tanda penuan dini seperti masker kunyit, masker susu, maske telur serta masker lidah buaya secara rutin dan teratur.

7. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan – ternyata makanan yang anda konsumsi setiap hari dapat mempengaruhi  atau memperlambat tanda penuan dini.  salah satunya yaitu konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti yang terdapat pada buah berry, brokoli serta paptrika. Makan tersebut dapat membatu kulit untuk membangun kolagen baru dibawah kulit.

8. Hindari kebiasan buruk – sebaiknya anda menjauhi atau menghindari rokok, kafein dan alkohol jika menginginkan kulit yang sehat dan terhindar dari penuan dini.

9. Lakukan detoksifikasi pada tubuh–detoksifikasi berfungsi untuk mengelaurkan racun dari dalam tubuh sekaligus membuat  kulit terlihat lebih cerah. Cara melakukannya yaitu dengan mencampur ratakan satu gelas air perasan lemon dengan madu secukupnya, serta hindari mengkonsumsi makanan siapp saji atau olahan dan kefein.

Tips Cara Mencegah Penuaan Dini pada Wajah Secara Alami dengan Mudah


Beberapa metode alami ini merupakan cara alternatif untuk mengatasi penuaan dini dan sekaligus memberikan perawatan kulit.

1. Relaksasi dan terapi tertawa

Stress oksidatif merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan dini. Beban pikiran yang berat sebagai dampak dari permasalahan kehidupan seringkali membuat penampilan seseorang terlihat semakin payah, lesu, muram sehingga memicu timbulnya kerutan. Dalam satu penelitian ditemukan bahwa tertawa merupakan obat alami yang sangat mujarab untuk mengatasi penuaan dini, karena dengan tertawa akan melenturkan otot-otot wajah dan membuat kulit awet muda. Disamping itu, terapi tertawa dapat membuat pikiran menjadi lepas dan melupakan berbagai masalah yang mungkin sedang dialami.

Selain dengan terapi tertawa, metode relaksasi yang lain adalah melakukan yoga di tempat terbuka seperti halnya di pegunungan yang memiliki udara sejuk. Melalui cara inilah, pikiran dan kesadaran akan menjadi terasa lebih ringan dan oksigen segar bisa diperoleh dari kesejukan udara bebas di area pegunungan.

2. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan
Antioksidan dengan kadar tinggi dapat ditemukan pada buah-buahan yang berwarna merah. Sebut saja buah naga, wortel maupun strawberry merupakan beberapa ragam dari buah yang sangat diperlukan bagi tubuh manusia untuk melawan radikal bebas yang timbul sebagai akibat dari aktivitas kehidupan modern. Asap knalpot, asap rokok dan sisa pengolahan pabrik adalah dampak dari sebuah aktivitas yang dapat merugikan kesehatan. Oleh karenanya wajib bagi anda yang ingin senantiasa menjaga kesehatan tubuh untuk mengkonsumsi ketiga jenis buah tersebut dengan teratur.

Disamping sebagai alternatif cara mengatasi penuaan dini, juga berguna untuk kesehatan tubuh dan saluran pencernaan karena buah mengandung banyak serat yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan.

3. Konsumsi Sayuran Hijau
Didalam sayuran hijau seperti bayam maupun sawi terdapat kandungan zat lutein yang berguna sebagai antioksidan alami. Hal ini juga berguna untuk mengatasi penuaan dini.

4. Lakukan Olahraga dan Diet
Manfaat olahraga tentu saja sangat banyak. Sebagai sebuah aktvitas untuk menyegarkan serta meregenerasi sel, olahraga juga berguna untuk membuang kotoran serta racun yang mengendap didalam tubuh melalui keringat.

Olahraga bagi sebagian orang juga merupakan sebuah hobi atau kesenangan yang apabila dilakukan menimbulkan suatu kabahagiaan batin. Hal ini juga dapat memberi semangat dan motivasi jiwa, untuk bersikap lebih optimis di masa mendatang. Melalui jiwa yang bahagia diharapkan mampu mengatasi penuaan dini. Seperti halnya yang kita jumpai selama ini bahwa seorang olahragawan senantiasa menjaga kebugaran tubuh yang berakibat juga pada kekencangan kulitnya.

5. Hindari Terik Sinar Matahari Secara Langsung
Paparan sinar matahari yang terik menyengat bis amenjadi penyebab rusaknya jaringan kulit. Bahkan apabila terkena sinar ultraviolet secara terus-menerus akan berakibat kanker kulit apabila daya tahan tubuh tidak mampu untuk mengendalikannya. Setidaknya gunakan tabir surya atau hindari keluar pada siang hari tanpa menggunakan jaket atau pelindung kulit lainnya.

6. Konsumsi Madu

Madu adalah salah satu zat yang berguna untuk menjaga kesehatan sekaligus memberikan efek kecantikan pada kulit. Protein dan vitamin yang banyak terkandung didalam madu mampu memerikan nutrisi yang cukup besar bagi peremajaan sel kulit. Diharapkan dengan rutin konsumsi madu akan memberikan tambahan imunitas serta kecantikan kulit.

Itulah Tips Cara Mencegah Penuaan Dini pada Wajah Secara Alami dengan Mudah  semoga bisa membantu yah, tehank’s terunggah

Tips Cara Mencegah Penuaan Dini pada Wajah Secara Alami dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment