Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Wednesday, March 23, 2016

Cara Mengatasi Rasa Pahit di Lidah Saat Sakit ataupun Sakit Demam

Cara Mengatasi Rasa Pahit di Lidah Saat Sakit ataupun Sakit Demam – Saat sakit ternyata banyak indera kita yang kemampuanya berkurang bahkan melemah. Misalkan tubuh kita yang awalnya sehat segar bugar kini menjadi lemah, atau lidah kita yang biasanya menikmati makanan lezat berubah menjadi pahit. Tapi percayalah sakit adalah penghapus dosa kita sebagai takdir dari Tuhan.

Kali ini terunggah akan menjelaskan cara menghilangkan rasa pahit di lidah ketika kita sakit.

Cara Mengatasi Rasa Pahit di Lidah Saat Sakit

Penyebab Rasa Pahit Di Lidah

Rasa pahit dilidah saat sakit disebabkan karena berkurangnya produksi air liur karena berbagai sebab. Produksi air liur yang berkurang artinya juga oksigen di mulut juga berkurang sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob. Bakteri-bakteri tersebut memproduksi sulfur yang menyebabkan bau tidak sedap dan rasa pahit dilidah.

Cara Mengatasi Rasa Pahit di Lidah Saat Sakit

Ilustrasi saat sakit

Penyebab Mulut Terasa Pahit

1.    Gangguan Asam Lambung

Mulut terasa pahit juga erat kaitannya dengan mual-mual dan muntah-muntah (refluks), kondisi ini terjadi biasanya karena dipicu oleh asam lambung yang naik. Kondisi ini disebut Gastro eshophageal Refluks Disease (GERD). Penyebab utama penyakit refluks asam lambung ini adalah konsumsi makanan berlebih, konsumsi makanan pedas, konsumsi makanan diwaktu yang tidak tepat serta faktor stress. Selain mulut yang terasa pahit, gejala lain yang mungkin dirasakan dari penykit refluks asam lambung ini berupa perut yang terasa nyeri, dada yang terasa panas, kembung, sering sendawa, bau mulut tidak sedap, sakit tenggorokan serta mual-mual.

2.    Penyakit Atau Kondisi Medis

Pasien dengan penyakit tertentu, seperti halnya penyakit kuning (hati atau liver), penyakit diabetes, kanker atau kerusakan pada ginjal, menjadi lebih rentan untuk mengembangkan gangguan rasa pada mulut.

3.    Ketidakseimbangan Hormonal

Kenaikan atau penurunan kada hormon esterogen yang tidak seimbang yang berlangsung pada wanita selama periode menstruasinya atau ketika seorang wanita hamil, bisa menyebabkan perubahan rasa mulut yang berubah menjadi pahit .

Rasa pahit ini cukup mengganggu bagi penderita demam termasuk saya sendiri yang pernah merasakannya. Bagaimana dengan anda??

Selain membuat makanan menjadi terasa pahit, ada akibat lain yang dapat timbulkan dan akan sangat sering terjadi pada penderita yang kehilangan nafsu makannya akibat rasa pahit tapi tidak mampu memaksakan diri untuk tetap mengkonsumsi makanan sebagaimana mestinya.

Akibat itu antara lain:
1)    Menurunnya daya tahan tubuh sehingga tubuh akan semakin mudah terserang penyakit lain. Mengapa? Makanan merupakan sumber gizi yang diperlukan tubuh yang di dalamnya terdapat berbagai zat yang diperlukan tubuh seperti mineral, protein, karbohidrat, dan vitamin. Zat- zat ini sangat diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Namun rasa pahit yang muncul saat demam membuat nafsu makan berkurang sehingga asupan gizi yang bersumber dari makanan juga berkurang. Akibatnya daya tahan tubuh semakin menurun dan penderita akan semakin mudah terserang penyakit lain.

2)    Dapat menghambat proses penyembuhan. Mengapa? Obat ada yang diminum sesudah makan. Apabila penderita demam kehilangan nafsu makan dan tidak mau mengkonsumsi makanan, maka obat juga tidak bisa diminum karena biasanya obat yang diminum setelah makan tidak dapat bekerja dalam keadaan asam lambung yang tinggi. Pada saat perut kosong atau sebelum makan asam lambung relative tinggi. Bila obat sampai tidak diminum, tentu proses penyembuhan akan terhambat.

Disini saya punya semacam tips yang saya dapatkan dari pengalaman saya sendiri. Jika anda merasakan rasa pahit di lidah pada saat demam, minumlah segelas teh manis hangat. Anda akan merasakan kesegaran dan rasa pahit yang anda rasakan akan berkurang dan berangsur hilang.

Selain itu rasa pahit dilidah erat hubungannya dengan mual-mual dan muntah. Penyebab utamanya yakni asam lambung yang naik kemulut meninggalkan rasa pahit yang sering menetap beberapa waktu. Contoh kondisi yang mungkin menyebabkan mual-mual dan muntah yaitu maag, beberapa infeksi virus maupun bakteri, berbagai masalah pada pencernaan, sakit kepala, mengkonsumsi obat-obatan seperti antibiotik, ibuprofen dan steroid, mengkonsumsi bahan bahan yang mengiritasi lambung dan sebagainya.
Mual dan muntah kebanyakan dikendalikan oleh reflek dan merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh jadi sulit bagi kita untuk mengendalikannya tetapi kita bisa memperkecil kemungkinannya sehingga bisa mempercepat penyembuhan karena kita menyerap nutrisi dari makanan. Beberapa cara mencegah mual dan muntah:

Cara Mencegah Mual dan Muntah

  1. Makan sedikit-sedikit tetapi sering
  2. Minum minuman hangat dan makanan berkuah yang hangat
  3. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6
  4. Hindari bau-bauan menyengat


Perubahan rasa dilidah juga bisa disebabkan karena terganggunya indera penciuman. Kemampuan membau erat hubungannya dengan kemampuan merasa, kalau indera pembau sedang dalam kondisi tidak baik seperti pada saat sakit flu, demam, sinusitis, infeksi hidung, polip, maupun rhinitis alergi, kemampuan lidah untuk mengecap juga terpengaruh.

Cara Mengatasi Rasa Pahit di Lidah saat Sakit

Untuk mengatasi rasa pahit dilidah saat sakit berikut ini cara mengatasinya
1. Sikat gigi.

Asam lambung akan dinetralisir oleh pasta gigi yang sifatnya basa selain itu pasta gigi juga kebanyakan mengandung mint yang memberikan sensasi segar dimulut jadi kapanpun lidah terasa pahit setelah mual atau muntah, menyikat gigi bisa menetralisirnya.

2. Hindari kopi dan rokok
Berkumur dengan obat kumur.

3. Makan makanan yang banyak mengandung serat.

Yang banyak mengandung serat alami tentu saja buah-buahan dan sayuran. Makanlah dengan cara mengunyah lebih lama karena selain membersihkan mulut juga makanan yang halus mempermudah kerja sistem pencernaan sehingga mengurangi rasa mual.
4. Banyak minum air putih untuk meningkatkan produksi air liur dan mengencerkan lendir di hidung.
5. Suplemen multivitamin untuk meningkatkan kondisi tubuh.

Yah, cukup sekian informasi kesehatan dari kami semoga artikel kesehatan mengenai Cara Mengatasi Rasa Pahit di Lidah Saat Sakit ataupun Sakit Demam ini bisa bermanfaat.

Cara Mengatasi Rasa Pahit di Lidah Saat Sakit ataupun Sakit Demam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment