Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Wednesday, March 23, 2016

Penyebab Tipes Cara Cepat Mengobati Penyakit Tipes Secara Alami dengan Mudah

Penyebab Tipes Cara Cepat Mengobati Penyakit Tipes Secara Alami dengan Mudah – Penyakit tipes umumnya dapat menyerang siapa saja. Kalau teman-teman saya di kampus sering mengalaminya di awal-awal perkuliahan karena banyaknya tugas sehingga terkena penyakit tipes dan harus di rawat di rumah sakit.

Penyakit tipes adalah satu infeksi bakteri yang ditandai oleh beberapa macam penyakit seperti sakit diare, penyakit sistematik atau juga ruam yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella typhi. Penyebab sakit tipes dikerenakan bakteri Salmonella Typhi tersebut masuk ke tubuh melalui makanan – makanan atau minuman yang sudag terkontaminasi. Jika anda makan atau minum ditempat yang sembarangan dan tidak tau kehigenisannya maka anda bisa saja terkena bakteri tersebut. Apabila bakteri tersebut sudah masuk dalam tubuh kemudian menuju ke usus dan ke aliran darah, bakteri tersebut juga akan berjalan ke limfa hati, ginjal, paru – paru dan juga bagian tubuh lainnya yang bisa membuat anda sakit tipes.

Penyebab Penyakit Tipes/tipus yang Harus dihindari

Penyakit tipes menjadi sebuah penyakit yang sudah biasa dan sering terjadi di negara – negara berkembang dan sulit ditemukan di negara – negara maju. Manusia juga bisa menjadi pembawa penyakit tipes melalui kotoran – kotoran yang bertahun – tahun tidak terbuang. Bakteri penyebab sakit tipes ini mudah sekali untuk berkembang dan masuk kedalam tubuh manusia. Maka dari itu jika anda tidak ingin terkena penayit tipes sebaiknya anda menjaga kesehatan dan pola makan anda. Anda juga diwajibakan untuk mengenali Gejala, ciri-ciri dan penyebab tipes karena ini menjadi hal yang sangat penting untuk Ketika anda tau gejala tipes dan ciri – cirinya anda bisa segera tanggap untuk menanganinya dan jika anda tau apa penyebabnya anda juga bisa menghindari hal tersebut.

Ada Ciri-ciri gejala penyakit tifus  yang bisa anda ketahui seperti dimuali dari sakit flu, demam dengan rasa nyeri, mual, lemas, perut seperti penuh atau kembung, pusing, badan terasa panas, mata agak kekuningan, air kencing juga berwarna kecoklatan. Namun biasanya untuk mata berwarna kuning dan air kencing yang berwarna kecoklatan tidak bisa diketahui secara langsung, tidak bisa dalam waktu 1 – 2 hari bisa mengetahuinya. Namun setelah diperiksakan ternyata ada peradangan saluran pencernaan. Namun biasanya setiap gejala yang ada pada seseorang tidak selalu sama, tergantung pada kekebalan tubuh orang tersebut. Jika anda mendapatkan ciri seperti yang disebutkan tadi ada baiknya anda segera untuk memeriksakannya ke rumah sakit atau puskesmas.

Bakteri penyebab penyakit tifus sudah sering menyerang banyak manusia, hampir ada 2,5 juta jiwa yang menderita penyakit tipes dalam setiap tahunnya. Penyakit tipes banyak sekali ditemui dinegara – negara berkembang karena bakteri penyebab penyakit tipes ini merupakan bakteri yang mudah masuk dalam tubuh anda melalui kebersihan lingkungan anda. Jika lingkungan tempat tinggal anda kumuh, dan anda mencuci segala peralatan makan anda seperti piring, sendok, dan lain sebagainya menggunakan air tidak bersih atau air limbah itu bisa menyebabkan bakteri ini semakin mudah untuk masuk kedalam tubuh anda dan menyebabkan adanya penyakit tipes pada diri anda. Jadi sebaiknya jaga kebersihan lingkungan anda.

Namun Apa penyebab penyakit tipus ini bisa dihindari?. Sebenarnya bisa dan sangat mudah. Anda cukup mempunyai hidup yang sehat dan menjaga pola makan anda. Serta tidak sembarangan dalam membersihkan barang apa saja yang berhubungan dengan aktifitas makan dan minum. Olahraga juga menjadi hal yang sangat penting agar penyakit ini tidak masuk dalam tubuh anda, karena melalui olahraga anda bisa membuat kekebalan tubuh anda semakin bagus. Jika kekebalan tubuh anda sudah sangat bagus, maka segala macam penyakit tidak akan bisa masuk begitu saja dalam tubuh anda.

Penyakit tipes atau dahulu sering sekali disebut dengan penyakit kuning bisa juga dengan nama Hepatitis A ini memiliki Faktor penyebab tipus yaitu dengan adanya penyebaran bakteri Salmonella typhi yang masuk dalam tubuh anda dan mempengaruhi kinerja organ tubuh lainnya. Faktor penyebab terbanyak memang dikarenakan pencucian alat makan dan minum yang tidak bersih. Meskipun dianggap mpenyakit yang sering ada dinegara berkembang namun penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Jika tidak segera mendapatkan pertolongan dan hanya dibiarkan dengan obat – obat biasa maka bisa saja mengakibatkan kematian.

Untuk itu mari menjaga kesehatan tubuh kita sendiri. Rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat adalah cara awal untu mecegah semua penyakit masuk dalam tubuh kita. Dan kebersihan lingkungan juga harus kita jaga karena banyak sekali bakteri – bakteri yang bisa menyebabkan sakit berkeliaran dilingkungan kita. Banyak mengkonsumsi buah, sayur dan juga susu akan membantu anda untuk memperkuat daya tahan tubuh anda. Makanan – makanan sehat yang mengandung banyak Vitamin, protein, mineral, dan yang lainnya lah yang sangat dibutuhkan untuk tubuh kita. Sekian informasi yang dapat kami berikan kepada anda, semoga dengan adanya tulisan ini bisa mengetahui apa saja penyebab terjadinya penyakit tipes dan bagaimana ciri – ciri dan gejalanya.

Mengenal Gejala Tipes

Tipes selalu memiliki gejala awal yang terlihat seperti penyakit influenza. Terkadang penderita juga mengalami radang tenggorokan, flu, demam, sakit kepala dan demam. Kondisi awal ini memang lebih mirip seperti gejala influenza. Namun kondisi penyakit akan lebih parah setelah lebih dari satu minggu dan gejala tipes akan terlihat jelas. Berikut ini beberapa gejala yang terjadi sesuai fase perkembangan infeksi bakteri dalam tubuh.

Penyebab Tipes Cara Cepat Mengobati Penyakit Tipes Secara Alami dengan Mudah

a. Infeksi Bakteri Minggu 1

Penderita tipes akan memiliki beberapa gejala yang sama seperti jenis penyakit biasa atau kelelahan. Kondisi ini ditandai dengan tubuh yang semakin lemah. Setelah penderita mendapatkan infeksi bakteri selama satu minggu, maka gejala yang muncul adalah:

  • Demam yang terus mengalami kenaikan pada malam hari. Bahkan kondisi tertentu bisa menyebabkan demam hingga lebih dari 40 derajat Celcius.
  • Sakit kepala dari mulai bagian sekitar mata dan bagian belakang yang menyebabkan penderita tidak bisa beraktivitas.
  • Nafsu makan yang terus menurun sehingga tubuh juga menjadi lebih lemah.
  • Gangguan pencernaan yang menyebabkan sembelit dan diare.
  • Muncul batuk kering yang tidak bisa disembuhkan dengan jenis obat batuk.
  • Timbul bercak merah pada kulit kaki dan tangan.

b. Infeksi Bakteri Minggu 2

Penyakit tipes akan semakin parah apabila sampai 2 minggu terkena infeksi dan tidak mendapatkan perawatan yang cukup. Penderita akan merasa lebih sakit bahkan tidak bisa melakukan aktifitas. Beberapa gejala tipes setelah 2 minggu adalah:

  • Demam yang terus naik dan turun yang biasanya terjadi pada sore, malam hari dan siang hari.
  • Nafsu makan yang terus mengalami penurunan dan tubuh terlihat lebih kurus.
  • Gangguan pencernaan yang sangat parah seperti diare dan sembelit.
  • Perut bengkak dan terasa lebih keras.

c. Tipes Minggu 3

Setelah masuk ke minggu ke tiga maka penyakit tipes akan bertambah semakin parah. Biasanya penderita sudah tidak bisa melakukan aktifitas sama sekali. Tubuh penderita akan sulit untuk berjalan atau bangun dari tempat tidur. Selain itu demam tinggi yang terjadi sepanjang hari akan membuat penderita semakin parah. Biasanya pada tahap ini sudah disertai dengan beberapa gejala komplikasi penyebaran bakteri dari usus ke bagian lain.

d. Tipes Minggu 4

Tipes pada minggu ke empat justru akan membuat penderita merasa lebih baik. Pada masa ini biasanya penderita tidak akan merasa demam dan tubuh terlihat lebih bugar. Tapi pada fase ini justru ada bahaya yang mengancam. Pada minggu ke enam kondisi tubuh akan kembali seperti tipes pada minggu pertama dan komplikasi bisa menjadi lebih parah.

Komplikasi Tipes

Penyakit tipes yang tidak diobati bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi yang sangat berbahaya. Bahkan pada kondisi yang lanjut bisa menyebabkan kematian. Infeksi bakteri pada bagian usus bisa menyebar ke organ lain sehingga sulit untuk diobati dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa komplikasi tipes yang bisa terjadi.

a. Pendarahan Usus

Komplikasi yang paling banyak ditemukan adalah perforasi atau lubang pada bagian usus. Komplikasi biasanya terjadi pada tahap tipes masuk minggu ke tiga. Gejala yang bisa ditemukan jika sudah terjadi perforasi adalah seperti tekanan darah yang terus mengalami penurunan dan pendarahan pada tinja. Selain itu penderita juga akan merasa mual, muntah dan pendarahan.

b. Miokarditis

Kondisi ini menyebabkan munculnya peradangan pada bagian otot jantung sehingga penderita merasa sulit untuk bernafas, nyeri yang berlebihan pada dada. Pada tahap ini perawatan harus dilakukan secara intensif dan perawatan juga dilakukan untuk infeksi jantung.

c. Komplikasi lain yang sangat jarang ditemukan adalah termasuk radang paru-paru, infeksi pada ginjal, radang selaput otak dan gangguan halusinasi.

Cara Cepat Mengobati Penyakit Tipes Secara Alami dengan Mudah


Cara Mengobati Tipes dengan Tanaman toga


Cara mengobati tipes secara alami pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan tanaman toga. Caranya yaitu degan menyiapkan 10 lembar daun sambiloto, jinten hitam serta 15 gram temu lawak. Ketiga jenis bahan alami tersebut cuci terlebih dahulu hingga bersih lalu iris menjadi potongan potongan kecil kemudian rebus irisan tersebut sampai mendidih. Selanjutnya biarkan air rebusan tersebut sampai airnya dingin, konsumsi 2 hari sekali.

Cara Mengobati Tipes dengan Daun keji beling


Selain tanaman toga, bahan alami lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit tipes yaitu Daun keji beling. Caranya menyiapkan 15 lembar daun keji beling lalu rebus dengan menggunakan  2,5 liter air hingga mendidih. Jika sudah dingin minum air rebusan tersebut sehari 2 kali.

Cara Mengobati Tipes dengan  Kunyit

Terunggah 
Cara mengobati penyakit tipes secara alami dengan kunyit yaitu dengan menyiapkan 2 lembar daun sambiloto, 3 rimpang kunyit segar dan 1 bonggo serai. Campurkan ketiga bahan alami tersebut lalu timbuk hingga halus dan seduh dengan  menggunakan air hangat dan minum ramuan tersebut selama satu minggu berturu-turut. Yang perlu diketahui, selain dapat mengobati penyakit tipes bahan bahan alami tersebut juga bisa digunakan untuk menambah stamina atau kekuatan pada tubuh.

Cara Mengobati Tipes dengan Pepaya


Selain rempah rempah, buah pepaya ternyata juga memiliki khasiat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit tipes. Hal ini dikarenakan pepaya bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi buah ini dapat melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.

Cara Mengobati Tipes dengan Cacing


Siapa sangka hewan yang sering di anggap menggelikan atau menjijikan ini memiliki khasiat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit tipes. Cara mengobatinya yaitu dengan mencari cacing tanah lalu bersihkan, cara membersihkan cacing ini dengan membelah bagian tengah cacing ini jangan lupa bilas hingga bersih. Lalu rebus cacing tersebut sampai mendidih, selanjutnya cacing yang sudah direbus di jemur hingga benar benar mengering. Akan tetapi cara ini tidak saya sarankan.

Tips Pemulihan untuk Tipes

  1. Penderita yang sudah mendapatkan perawatan biasanya tidak mendapatkan kesehatan seperti semula dalam waktu yang ceppat. Untuk mengatasi hal ini maka bisa dilakukan perawatan rumahan untuk mempercepat proses pemulihan. Berikut ini adalah perawatan untuk pemulihan tipes.
  2. Konsumsi air dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Air juga membantu tubuh agar kembali mendapatkan stamina dan lebih cepat sehat seperti semula.
  3. Hindari konsumsi makanan yang mengandung cabai, bahan tambahan dan berbagai makanan dari santan. Makanan ini bisa membuat kondisi usus yang terkena tipes menjadi lebih buruk.
  4. Konsumsi bubur yang dicampur dengan sayuran atau lauk lain sehingga nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh.
  5. Hindari minuman alkohol dan semua jenis minuman yang mengandung kafein agar tubuh lebih sehat
  6. Hindari konsumsi susu dan semua jenis produk susu karena usus masih sangat sensitif.

Semoga tulisan mengenai Penyebab Tipes Cara Cepat Mengobati Penyakit Tipes Secara Alami dengan Mudah ini bisa bermanfaat yah.

Penyebab Tipes Cara Cepat Mengobati Penyakit Tipes Secara Alami dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment