Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Tuesday, September 30, 2014

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Anda

Apakah Anda sudah mengetahui manfaat buah salak bagi kesehatan? Siapa yang tidak tahu buah salak? Buah yang memiliki kulit seperti sisik yang berwarna kecoklatan dan daging buah yang berwarna putih ini merupakan salah satu jenis buah yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat kita. Buah ini digemari banyak orang karena memiliki rasa yang unik, yaitu rasanya ada yang manis, asam, sepat, atau bahkan campuran ketiganya. Tetapi dibalik rasanya yang unik, buah salak juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Nah, berikut adalah 5 manfaat buah salak yang sebaiknya Anda ketahui :

 

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan
Manfaat Mengkonsumsi Buah Salak

 

1. Membantu Program Diet

Buah salak mengandung serat yang cukup tinggi untuk membantu Anda merasa lebih kenyang dalam waktu yang lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus. Sehingga hal ini dapat menghindarkan Anda untuk makan dalam porsi yang besar. Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang terdapat di dalam buah salak memang berpotensi membantu program diet. Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Buah salak ternyata mengandung betakaroten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibanding buah mangga, 3 kali lebih banyak dibandingkan jambu biji, dan 5 kali dari semangka merah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda rutin setiap hari mengkonsumsi buah salak agar Anda dapat terhindar dari penyakit mata seperti katarak atau pun rabun.

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat buah salak yang paling istimewa adalah dapat meningkatkan kinerja otak. Kandungan pektin dan potasium dalam salak sangatlah tinggi. Kedua kandungan inilah yang dapat membantu mencerdaskan otak anda. Potasium sangat baik untuk membantu menormalkan kerja darah dan juga meningkatkan kecerdasan otak.

4. Mengatasi Diare

Ketika Anda terserang diare, tidak ada salahnya untuk mencoba obat yang alami terlebih dahulu yaitu dengan mengkonsumsi buah salak. Karena buah salak ini mempunyai serat yang tinggi, sehingga mampu untuk mengobati diare yang sedang Anda alami.

5. Mencegah Sembelit

Jika Anda mengkonsumsi buah salak sebaiknya jangan membuang bagian kulit arinya (kulit tipis yang terdapat di buah salak). Sebab, di dalam kulit ari tersebut terdapat sejumlah kandungan serat yang bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit setelah mengkonsumsi buah salak.

Nah, itulah tadi 5 manfaat buah salak yang wajib Anda ketahui. Jika ada yang ingin menambahkan atau memberikan kritik dan sarannya dipersilahkan. Semoga artikel Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Anda ini dapat memberikan manfaat. Akhir kata, terima kasih atas waktunya sobat dan jangan lupa berkunjung kembali ke blog Kesehatan dan Kecantikan ini untuk mendapatkan berbagai informasi kesehatan selanjutnya. :)

Salam,

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment