Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Friday, September 12, 2014

15 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Dari Buah Apel

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Apel merupakan buah yang sangat identik dengan warna kulit buah berwarna merah. Semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan bentuknya yang bulat dan rasa apel itu sendiri karena selain buah ini mudah didapat juga karena buah ini menjadi favorit banyak orang. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui manfaat buah apel yang sering Anda makan tersebut? Jika belum, berikut adalah 15 manfaat dari buah apel bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Mencegah Dehidrasi

Buah apel bermanfaat untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Karena 85% kandungan buah apel terdiri dari air. Dengan mengkonsumsi buah apel, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

2. Mencegah Kanker Payudara

Studi yang dilakukan oleh Cornell University adalah dengan melakukan percobaan pada tikus. Tikus yang makan apel 1 kali sehari memiliki resiko terkena kanker payudara 17% lebih rendah. Sedangkan untuk tikus yang mengkonsumsi apel 3 kali dalam sehari memiliki resiko terkena kanker payudara 39% lebih rendah. Meskipun percobaan ini diuji coba pada tikus namun hal ini juga berdampak sama pada manusia.

3.  Mencegah Kanker Usus

Dari sebuah studi yang dilakukan pada tikus, tikus yang mengkonsumsi ekstrak kulit apel memiliki resiko 43% lebih rendah terkena kanker saluran pencernaan. Dan berdasarkan penelitian, kandungan pectin pada apel lah yang menekan resiko kanker pencernaan dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4. Mencegah Kanker Hati

Dari penelitian lain yang juga dilakukan pada tikus, selain menurunkan resiko terkena kanker pencernaan, pemberian ekstrak kulit apel pada tikus juga menurunkan resiko terserang kanker hati hingga 57%, karena kandungan antioksidan pada buah apel memiliki fungsi detoksifikasi.

5.  Mencegah Kanker Paru-Paru

Berdasarkan studi yang dilakukan pada 10.000 orang, mereka yang telah mengkonsumsi apel dengan kuantitas paling banyak  memiliki resiko 50% lebih rendah terserang kanker paru-paru. Para peneliti juga mempercayai adanya kandungan flavonoid, naringin, dan quercetin inilah yang berperan dalam mencegah kanker paru-paru.

6. Mengontrol Diabetes

Kandungan pectin pada apel mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin (salah satu hormon penyebab diabetes). Karena produksi insulin yang tinggi dapat memicu diabetes, oleh sebab itu apel juga bermanfaat untuk mengontrol seseorang yang terserang atau memiliki faktor genetik terserang diabetes.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat buah apel yang tidak kalah penting adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang biasa disebut LDL. Seseorang yang mengkonsumsi buah apel setidaknya 2 kali dalam sehari akan menurunkan kadar kolesterol jahat mereka sebesar 16%.

8.Mencegah Sembelit dan Diare

Manfaat buah apel juga dapat untuk mencegah penyakit pada sistem pencernaan seperti sembelit dan diare. Kandungan serat pada apel yang tinggi mampu untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga hal ini dapat mengatasi gangguan sistem pencernaan seperti sembelit maupun diare.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Zat antioksidan yang terkandung di dalam buah apel yang bernama quercetin dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh tubuh, agar seseorang tidak mudah terkena penyakit terutama pada saat cuaca yang tidak bersahabat.

10. Menangkal Radikal Bebas

Kulit apel dapat memproduksi zat kuersetin. Zat kuersetin adalah sejenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat berfungsi untuk melawan penuaan dini.

11. Mencegah Asma

Studi terkini menunjukkan bahwa seorang anak yang mengkonsumsi jus apel setiap hari secara rutin memiliki resiko sangat rendah terkena gangguan pernafasan dibandingkan anak yang hanya mengkonsumsi jus apel sebulan sekali. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang gemar mengkonsumsi apel setiap harinya memiliki resiko yang rendah terkena asma dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi jus apel.

12. Menjaga Kesehatan Gigi

Mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat menjaga kesehatan gigi Anda, karena buah apel dapat merangsang produksi air liur di dalam mulut Anda. Sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya pengkroposan pada gigi dan dapat tetap menjaga gigi Anda tetap sehat.

13. Menjaga Kesehatan Mata

Dengan rutin mengkonsumsi buah apel tiap harinya, berperan besar untuk mencegah munculnya berbagai gangguan kesehatan pada organ mata yang salah satunya yaitu katarak.

14. Melindungi Tulang

Penelitian di Perancis menemukan bahwa flavonoid yang disebut phloridzin pada apel bermanfaat untuk melindungi wanita pasca monopause dari masalah osteoporosis dan dapat meningkatkan massa tulang. Boron, kandungan lain dari buah apel juga berfungsi untuk memperkuat tulang.

15. Mencegah Serangan Jantung

Apel bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Ini dikarenakan, adanya kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel. Untuk itulah, Cucilah apel terlebih dahulu dengan air bersih yang mengalir, sebelum Anda mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya.

Nah, itulah tadi 15 manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa tinggalkan jejak dan berkunjunglah lagi ke blog sederhana ini ya. Terima kasih. :)

Salam,
 

15 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment