Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Monday, September 15, 2014

12 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan
Manfaat dari Minum Kopi

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Kopi adalah salah satu minuman favorit banyak orang di dunia, karena kopi mampu memberikan cita rasa yang unik bagi siapa saja yang meminumnya. Bahkan tidak sedikit orang yang menjadi kecanduan karena cita rasanya, jika seseorang sudah kecanduan mereka beranggapan bahwa hari mereka tidak akan lengkap tanpa meminum kopi. Meminum kopi sendiri mungkin sudah menjadi kegiatan rutin bagi kebanyakan orang, apalagi disaat pagi hari sebelum beraktifitas ataupun di sore hari saat selesai beraktifitas. Tapi apakah Anda tahu manfaat minum kopi itu apa? Bagi kebanyakan orang biasanya menjawab manfaat dari minum kopi adalah untuk menghilangkan rasa kantuk. Eitss, manfaat kopi tidak sampai situ saja. Nah, berikut adalah 12 manfaat minum kopi bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui :

1. Mengatasi Perubahan Suasana Hati dan Depresi

Minum kopi secara teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Zat kafein di dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat merangsang indra kita dan meningkatkan laju metabolisme. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati, dan bahkan depresi.

2. Mengurangi Rasa Sakit Kepala

Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic mengatakan bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi rasa sakit kepala. Hal ini telah dibuktikan pada penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan hanya meminum secangkir kopi pekat.

3. Pembangkit Stamina dan Energi Ekstra

Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh bersaing dengan fungsi adenosin di dalam tubuh kita. Adenosin merupakan senyawa yang terdapat di dalam sel otak yang berfungsi untuk membuat orang cepat tertidur. Kandungan kafein di dalam kopi dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk. Kemudian akan muncul perasaan segar, bugar, mata terbuka lebar, detak jantung lebih kencang, dan naiknya tekanan darah.

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Kopi dapat mencegah resiko terserang diabetes, karena kopi mengandung asam klorogenik, dan senyawa ini sangat berperan aktif dalam memperlambat penyerapan gula di dalam pencernaan. Asam klorogenik juga bermanfaat untuk merangsang pembentukan GLP-1. GLP-1 adalah zat kimia yang dapat meningkatkan hormon insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain yang terkandung di dalam kopi adalah trigobelin (pro vitamin B3), zat ini berfungsi untuk memperlambat penyerapan glukosa.

5. Melindungi Jantung dan Mencegah Penyakit Stroke

Kopi mampu melindungi jantung karena kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu menahan efek buruk peradangan pada arteri. Bagi peminum kopi hitam sebanyak 1 sampai 2 gelas perharinya mempunyai resiko terserang penyakit stroke lebih rendah dibandingkan bagi mereka yang tidak meminum kopi.

6. Menurunkan Berat Badan

Kandungan kafein yang dikonsumsi dengan tepat dapat membantu anda dalam menekan nafsu makan. Kehilangan cairan di dalam tubuh akibat mengkonsumsi kafein akan mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi. Walaupun demikian cairan harus segera digantikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

7. Mencegah Batu empedu

Manfaat minum kopi berikutnya adalah mencegah resiko terserang batu empedu. Berdasarkan peneliti Harvard di tahun 2002, apabila wanita meminum kopi setidaknya empat cangkir kopi sehari mempunyai resiko 25 persen lebih rendah terserang batu empedu. Penelitian sebelumnya juga menemukan hasil ini dapat bermanfaat juga bagi kaum laki-laki.

8. Mencegah Penyakit Liver

Mengkonsumsi kopi secara teratur berkaitan dengan menurunnya risiko penyakit liver otoimun yang biasa disebut Primary Sclerosing Cholangitis (PSC).
Para peneliti telah menyimpulkan bahwa kopi memiliki kandungan yang bisa melindungi dari sirosis, terutama sirosis alkohol.

9. Mencegah Beberapa Jenis Kanker

Dari hasil riset yang telah dilakukan oleh peneliti diseluruh dunia didapatkan hasil bahwa penyakit kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi kopi.

10. Mencegah Penyakit Parkinson

Menurut sebuah studi di tahun 2010, penyakit yang ditandai dengan gemetarnya bagian tubuh ini dapat dicegah hingga 25% dengan minum 2-3 cangkir kopi per hari. Para peneliti di AS menyimpulkan bahwa asupan kopi dan kafein yang tinggi berkaitan dengan turun signifikannya insiden penyakit Parkinson.

11. Mencegah Resiko Kanker Mulut dan Melindungi Gigi

Senyawa yang terdapat di dalam kopi bermanfaat untuk mencegah terjadinya resiko kanker mulut dan membatasi pertumbuhan sel kanker. Selain itu kopi memiliki sifat anti perekat dan anti bakteri yang sangat baik dan memungkinkan untuk menyembuhkan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut, seperti gigi berlubang, pembentukan plak, dan infeksi gusi.

12. Menangkal Kanker Kulit

Resiko kanker kulit dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat. Wanita yang menkonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kulit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

Nah, itulah tadi 12 manfaat minum kopi bagi kesehatan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat. Jangan lupa berkunjung kembali ke blog sederhana ini untuk mendapatkan informasi kesehatan berikutnya ya. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan berkomentar. Terima kasih. :)

Salam,

12 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment