Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Monday, September 22, 2014

12 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan
Manfaat Mengkonsumsi Buah Alpukat

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Buah yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda karena selain buah ini banyak diperjual-belikan dan mudah didapat juga karena buah ini memiliki rasa yang lezat. Buah alpukat memang memiliki sejuta manfaat bagi manusia, dari mulai manfaatnya bagi kesehatan dan juga manfaatnya bagi kecantikan. Bahkan tidak cuma buahnya, biji dan daunnya pun juga memiliki manfaat yang sama luar biasanya. Oleh sebab itu, disini kita akan membahas tentang manfaat buah alpukat bagi kesehatan. Nah, berikut adalah 12 manfaat buah alpukat bagi kesehatan Anda :

1. Penyerapan Gizi yang Lebih Baik

Penelitian menemukan bahwa beberapa jenis gizi dapat diserap dengan lebih baik apabila dikonsumsi bersama buah alpukat. Pada sebuah studi, ketika para peserta mengkonsumsi salad yang mengandung alpukat, mereka dapat menyerap lima kali jumlah karoten (sekelompok gizi termasuk lycopene dan beta karoten) daripada mereka yang tidak mencampurnya dengan buah alpukat.

2. Menangkal Radikal Bebas

Para peneliti mengatakan bahwa kandungan minyak di dalam alpukat dapat menembus ke dalam mitokondria, yaitu bagian terpenting dari fungsi sel tubuh yang berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi. Kandungan anti-oksidan di dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel atau tomat juga mampu memblokir radikal bebas, tetapi tidak mampu menembus sampai ke dalam mitokondria.

3. Mengontrol Gula Darah

Buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang mampu mengembalikan resistensi insulin sehingga dapat membantu tubuh untuk mengatur gula darah secara teratur. Selain itu, serat makanan di dalam buah alpukat juga dapat membantu mempertahankan tingkat gula darah. 

4. Menurunkan Kolesterol 

Buah Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik). Buah alpukat banyak mengandung beta-sitosterol, yaitu sebuah zat yang dapat menurunkan tingkat kolesterol di dalam darah. Pada sebuah studi yang terdiri dari 45 sukarelawan mengalami penurunan kolesterol hingga 17% setelah mengkonsumsi buah alpukat selama satu minggu. Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat alpukat merupakan makanan yang paling baik untuk memecah kolesterol.

5. Anti-Inflamasi

Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung di dalam buah alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Kombinasi unik dari buah alpukat tersebut seperti Vitamin C dan E, seng, selenium,karotenoid, pitosterol dan omega-3 asam lemak dapat membantu mencegah peradangan. Dengan hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

6. Kesehatan Jantung

Manfaat buah alpukat berikutnya yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan jantung karena satu cangkir buah alpukat mengandung 23% dari nilai asupan asam folat yang dianjurkan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan banyak folat mempunyai resiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah daripada yang tidak. Lemak tidak jenuh, vitamin E, dan glutathione pada alpukat juga sangat baik untuk jantung Anda.

7. Mencegah Stroke

Kandungan folat yang tinggi di dalam buah alpukat juga dapat mencegah stroke. Orang yang mengkonsumsi banyak folat pada alpukat mempunyai resiko terkena stroke yang lebih rendah daripada yang tidak.

8. Mencegah Kanker Mulut

Berdasarkan sebuah studi, ekstrak buah alpukat dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel prakanker yang dapat memicu kanker mulut tanpa melukai sel yang sehat.

9. Mencegah Kanker Payudara

Buah alpukat sama seperti halnya minyak zaitun yaitu mengandung banyak asam oleat yang dapat mencegah kanker payudara pada berbagai penelitian.

10. Kesehatan Mata

Buah alpukat mempunyai lebih banyak kandungan lutein karotenoid daripada buah-buah yang biasa dikonsumsi lainnya. Zat lutein karotenoid ini dapat melindungi Anda terhadap penurunan penglihatan serta katarak, yaitu dua jenis penyakit mata yang disebabkan oleh usia.

11. Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi setengah dari alpukat segar dengan makan siang mereka memiliki 40 persen lebih sedikit keinginan untuk makan selama 3 jam setelah makan siang, dan 28 persen lebih sedikit keinginan untuk makan setelah 5 jam dibandingkan dengan mereka yang makan siang tanpa alpukat .

12. Kesehatan dan Kesuburan Seksual

Buah alpukat kaya akan vitamin B6 dan asam folat yang mengatur fungsi hormon seksual. Dan juga mengandung vitamin B6 dan potasium yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi testosteron pada laki-laki. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa alpukat memiliki sifat afrodisiak yang dapat meningkatkan kejantanan pria.

Nah, itulah tadi 12 manfaat buah alpukat bagi kesehatan. Jika ada yang ingin menambahkannya silahkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencobanya. Akhir kata, terima kasih atas waktunya sobat dan jangan lupa berkunjung kembali ke blog ini untuk mendapatkan informasi-informasi kesehatan berikutnya. :)

Salam,

12 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment